Manfaat Madu

Madu sejak dulu hingga kini menjadi favorit orang-orang karena merupakan obat herbal alami yang memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan bahkan kecantikan serta hal ini telah terbukti secara secara medis.


Gambar manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan


Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Menurut Situs Ternama Indonesia




Manfaat Madu Menurut Alodokter.com




Madu terdiri dari beberapa kandungan, di antaranya air, karbohidrat, vitamin seperti vitamin B dan C, mineral seperti kalsium, zat besi, dan sodium.



Masyarakat kerap memanfaatkan madu sebagai obat untuk meredakan batuk, alergi, diare, dan asma. Tidak hanya itu, sebagian orang juga ada yang memanfaatkannya untuk berbagai permasalahan kulit, seperti mengatasi jerawat, meredakan kulit gatal, dan menyembuhkan luka.



Jika Anda tertarik menggunakan madu sebagai obat tradisional, ada baiknya Anda mengetahui manfaat madu yang sebenarnya dari ranah medis. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat madu dari segi medis.


Batuk - Beberapa penelitian menyebutkan bahwa rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur dan lendir. Hal tersebut bisa membasahi tenggorokan sehingga meredakan batuk. Mengonsumsi madu sebelum tidur mungkin bisa mengurangi batuk pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia dua tahun ke atas. Khasiat madu sepertinya bisa disamakan dengan obat batuk yang mengandung dextromethorphan.

Penyembuhan luka - Anda bisa mencoba mengoleskan madu olahan atau krim mengandung madu pada kulit yang terluka. Sepertinya nutrisi dan bahan kimia lainnya pada madu bisa mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengurangi rasa sakit, mengurangi infeksi, mengurangi nanah, serta bau tidak sedap pada luka. Jenis-jenis luka yang mungkin bisa disembuhkan adalah luka bakar, lecet, luka pascaoperasi, borok kaki kronis, dan bisul.

Diabetes - Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi madu tiap hari mungkin bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Tidak hanya itu, kadar kolesterol dan berat badan penderita diabetes juga mungkin bisa menurun. Namun penurunan tersebut tergolong kecil. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Sariawan akibat radioterapi - Mengonsumsi madu sekitar 20 ml mungkin bisa mengurangi tingkat keparahan sariawan, penurunan berat badan serta nyeri saat menelan akibat radiasi dalam pengobatan kanker di kepala dan leher. Hasil studi klinis juga menyatakan bahwa madu mungkin bisa menurunkan risiko terkena sariawan terkait radioterapi.

Keempat kondisi di atas masih berstatus “mungkin efektif”. Walau ada hasil yang positif, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menyatakan keabsahannya.

Pada beberapa manfaat lainnya, madu terbukti berkhasiat. Meski demikian hasil tersebut didapat hanya dari satu penelitian atau penelitian pada tahap awal saja. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenaran manfaat madu dari segi medis. Manfaat yang dimaksud antara lain:
  • Meningkatkan stamina.
  • Mengatasi alergi.
  • Mengurangi kolesterol tinggi.
  • Mengobati diare.
  • Meringankan kondisi setelah operasi mata.
  • Meningkatkan kesuburan.
  • Mengatasi kulit gatal.
  • Mengobati iritasi kulit akibat terbakar matahari.
  • Meringankan asma.
  • Mengatasi masalah kekurangan gizi.

Seaman Apakah Madu?
Jika dikonsumsi dan dioles ke kulit dengan dosis yang tepat, kemungkinan besar madu aman. Anak-anak di atas usia setahun juga secara umum bisa mengonsumsi madu. Tapi sebaiknya hindari memberi madu kepada bayi atau anak di bawah usia setahun untuk menghindari risiko botulisme. Botulisme adalah kondisi keracunan akibat racun yang diproduksi bakteri dan berpotensi fatal.

Terlepas dari itu, perlu diketahui bahwa tidak semua madu aman. Ada jenis madu yang berkemungkinan tidak aman jika dikonsumsi, yaitu madu yang berasal dari nektar Rhododendron. Madu jenis ini berisiko menyebabkan tekanan darah rendah, nyeri dada, dan masalah pada jantung karena madu jenis tersebut mengandung racun.

Kemungkinan madu aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Namun demi menjaga keselamatan si kecil, lebih baik ibu hamil dan menyusui menghindari konsumsi madu.

Bagi Anda yang memiliki alergi serbuk sari, lebih baik hindari mengonsumsi madu karena cairan manis ini terbuat dari serbuk sari yang bisa menyebabkan reaksi alergi.

Jika anda ingin mengonsumsi madu, ada baiknya untuk memastikan terlebih dahulu apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM RI atau belum. Perhatikan pula tanggal kedaluarsa yang tercantum pada kemasan. Jika ragu, konsultasikan kepada dokter mengenai konsumsi madu untuk mengobati kondisi tertentu.


Manfaat Madu Menurut Merdeka.com


Sudah sejak lama madu digunakan sebagai pengobatan dan kecantikan. Madu memang mempunyai jutaan khasiat yang menakjubkan untuk kesehatan. Yuk simak keajaiban madu lainnya untuk tubuh, dilansir healthmeup (2/8).

  • Madu kaya senyawa humektan. Hal ini membantu mempertahankan kadar air dalam kulit dan mengembalikan elastisitasnya, sehingga membuat kulit lentur.
  • Madu membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah munculnya keriput.
  • Antibakteri dan antimikroba pada madu membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu. Sehingga digunakan untuk mengobati luka bakar dan lecet.
  • Madu membantu membersihkan luka,mengurangi bau dan nanah dan meningkatkan penyembuhan cepat.
  • Madu digunakan untuk mengobati kulit rusak dan regenerasi sel-sel kulit baru. Madu efektif menyembuhkan eksim, dermatitis dan gangguan kulit lainnya.
  • Sifat anti-jamur dalam madu, dapat membantu menyembuhkan infeksi pada kaki
  • Madu sarat dengan antioksidan alami, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet.
  • Madu dapat digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Madu bisa menembus lapisan atas kulit, jadi dapat mengelupas kotoran. Serta membantu melawan infeksi dan mencegah masalah jerawat.
  • Madu adalah pelembap kulit yang baik dan efektif meremajakan kulit.
  • Penerapan madu pada bibir pecah-pecah dan keriput akan membuat mereka sangat halus dan lembut.
  • Madu terdiri dari gula seperti glukosa dan fruktosa dan mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium klor, belerang, besi, dan fosfat.
  • Madu mengandung vitamin B1, B2, C, B6, B5 dan B3, yodium, dan seng.
  • Madu dapat meningkatkan daya tahan dan mengurangi kelelahan otot.
  • Madu membantu pada wanita yang mengalami morning sickness saat hamil.
  • Konsumsi madu secara teratur akan meningkatkan penyerapan kalsium dan jumlah hemoglobin yang membantu untuk melawan anemia.
  • Madu membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan HDL (kolesterol baik).
  • Madu membantu membersihkan sistem pernapasan dari lendir.
  • Madu membantu memodulasi sistem kekebalan tubuh, mencegah terulangnya infeksi.
  • Madu memainkan peran penting dalam mengelola obesitas. Madu membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu tubuh lebih banyak membakar lemak.



Manfaat Madu Menurut Bidanku.com


Madu dihasilkan dari campuran beberapa jenis gula dan air yang mengandung bahan logam, asid dan juga enzim. Madu mengandung bahan mineral dan vitamin yang dibutukan oleh tubuh. Madu merupakan pemanis alami yang banyak diminati karena memiliki beberapa khasiat diantaranya adalah untuk pengobatan, kecantikan dan juga untuk menambah pembuatan makanan tertentu. Berikut adalah enam manfaat madu untuk kesehatan wanita diantaranya adalah :

1. Dapat Mencegah kanker dan penyakit jantung Kandungan flavonoid yang terdapat pada madu yaitu kandungan antioksidan yang membantu anda dalam mengurangi risiko jenis kanker dan penyakit jantung. Termasuk kanker payudara dan serviks yang sering menyerang wanita, selain itu kelebihan berat badan (obesitas) yang sering dijumpai pada wanita akan memicu serangan jantung oleh karena itu membiasakan konsumsi madu sangat baik untuk anda.

2. Mengurangi keputihan yang disebabkan bakteri dan jamur Kandungan antibakteri yang dihasilkan oleh madu akan membantu anda dalam mengurangi dan mencegah adanya keputihan yang diantaranya disebabkan oleh bakteri dan jamur. Kandungan antibakteri yang terdapat didalam madu akan baik untuk digunakan sebagai mencegah beberapa penyakit yang diakibatkan oleh bakteri.

3. Madu untuk keseimbangan Madu telah lama digunakan dalam pengobatan tradasional bahkan telah berlangsung 4000 tahun yang lalu. Madu mempengaruhi ketiga ketidakseimbangan tubuh positif. Hal ini juga dikatakan dapat berguna dalam meningkatkan penurunan berat badan, penglihatan, mual, menyembuhkan impotensi gangguan saluran kencing, asma dan diare. Madu disebut sebagai "Yogavahi" karena kandungan yang dimilikinya mampu menembus jaringan terdalam tubuh kita. Madu dapat berperan sebagai obat yang akan berperan dalam meningkatkan kegunaan obat lainnya secara optimal.

4. Regulasi gula darah Kandungan madu adalah jenis gula sederhana akan tetapi tidak sama dengan gula putih atau gula sejenisnya. Kombinasi dario kandungan fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemik yang rendah, sehingga mereka tidak membuat gula darah anda meningkat tinggi.

5. Manfaat madu untuk ibu hamil Pada ibu hamil madu berfungsi sebagai antibodi selama masa kehamilan, madu juga sering digunakan sarapan untuk ibu hamil dikarenakan akan mengurangi rasa mual selama kehamilan dan dapat meningkatkan nafsu makan. Kandungan yang terdapat di dalam madu dapat membantu anda dalam menguatkan dan menjaga kesehatan janin.

6. Manfaat madu untuk kecantikan bagi wanita kecantikan adalah bagian terpenting untuk selalu dijaga dan diperbaiki. Madu dapat membantu anda dalam merawat kecantikan yaitu untuk melindungi kulit terutama dalam menghapus luka, bintik merah hingga infeksi. Selain itu madu sering digunakan pada beberapa perawatan kecantikan karena melembabkan kulit dan rambut. Banyak manfaat yang didapat dari kandungan madu termasuk anti penuaan yang bisa dilakukan secara tradisional maupun modern.


Manfaat Madu Menurut Disehat.com


Madu merupakan salah satu hasil alam dari lebah. Madu sengat baik untuk kesehatan, baik kesehatan wajah maupun kesehatan tubuh. Manfaat madu untuk tubuh sangatlah banyak, berbagai khasiat dari madu sudah terbukti secara ilmiah.

Madu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, berbagai penyakit bisa diatasi dengan madu dan campuran bahan herbal lainnya. Sekarang ini madu banyak digunakan sebagai bahan campuran obat-obatan herbal. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari madu.

1. Madu untuk kesehatan
Manfaat madu untuk kesehatan sangatlah banyak, kandungan dalam madu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Madu bisa membantu mengatasi masalah tenggorokan, misalnya saja sariawan, bibir pecah-pecah, dan radang tenggorokan. Untuk mengatasi sariawan dan bibir pecah-pecah, cukup oleskan madu pada bagian bibir dan sariawan dua kali sehari.

Madu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, sebab madu bisa menambah kekebalan atau sistem imun dalam tubuh. Selain itu, madu juga bisa menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Bahkan, madu juga bisa digunakan sebagai pelengkap makanan dan minuman ataupun obat herbal.

2. Madu untuk kecantikan
Selain untuk kesehatan madu juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah. Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada madu dapat menjadikan kulit semakin sehat dan juga tetap mulus. Manfaat madu untuk wajah dan juga kulit tubuh sudah diketahui sejak zaman dahulu.

Madu bisa membantu mengatasi kekeringan pada kulit dan juga dapat menghaluskan kulit. Menggunakan madu sebagai pelembab alami sangat dianjurkan untuk Anda yang menderita kulit kering. Selain itu, madu juga dapat dijadikan sebagai masker alami dan juga lulur tubuh yang memberikan kelembutan dan kehalusan pada kulit wajah dan tubuh.

3. Madu untuk Ibu hamil
Madu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi rutin setiap hari oleh ibu hamil. Manfaat madu untuk Ibu hamil sangatlah banyak. Madu bisa mengatasi gangguan pencernaan yang sering diderita oleh ibu hamil. Selain itu, madu juga bisa mengatasi masalah pada kulit ibu hamil yang biasanya mengalami gangguan pada saat hamil dan setelah melahirkan.

Madu yang dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil bisa menambah kekuatan ibu hamil. Ibu hamil bisa mengkonsumsi madu secara langsung ataupun mencampur madu pada jus buah ataupun susu ibu hamil. Madu juga sangat baik untuk memperlancar keluarnya ASI dan menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima.

Madu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Madu dapat meningkatkan kekebalan dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.


Manfaat Madu Menurut Republika.co.id


Menurut Manager Divisi Madu dari Dian Niaga Jakarta, Theophilla Arispraptami, madu sangat baik untuk daya tahan tubuh. Di dalam madu terdapat banyak enzim dan mineral yang cepat diserap tubuh. 

Bahkan dari penelitian yang dilakukan pihak Jaringan Madu Hutan Indonesia (JMHI) dengan dosen IPB, madu ternyata memiliki zat anti bakteri ecoli, anti kanker dan anti aging.

Madu, lanjut perempuan yang menjadi staf marketing dan produksi JMHI ini, juga bisa dimanfaatkan sebagai terapi maag. “Dari maag biasa sampai kronis,” ungkapnya kepada Republika.co.id, pada acara Festival Lokal untuk Lokal, di Mall Alam Sutera, Tangerang, Banten, Ahad (6/3).

Ia menambahkan konsumsi madu bukan hanya bisa di dalam tubuh tapi juga di luar tubuh. Jika di dalam tubuh bisa dikonsumsi begitu saja, bisa juga dicampur dengan air atau dicampurkan dalam makanan atau minuman. 

Jika madu dicampurkan dalam makanan dan minuman, sebaiknya jangan dipanaskan di atas suhu 40 derajat. Karena enzim yang ada di dalamnya akan rusak. Madu jika dipanaskan hanya akan menjadi pemanis saja pengganti gula.

Sementara jika dipakai di luar tubuh, madu bisa untuk luka bakar dan luka pada penderita kecing manis atau diabetes melitus. Caranya cukup dioleskan saja.

Tapi perlu diingat, karena madu merupakan sumber glukosa (karbohidrat), jangan mengonsumsinya berlebihan. Anda sebagai orang dewasa bisa mengonsumsinya dua kali sehari. 

Dimulai saat pagi hari sebelum makan. Anda bisa konsumsi satu sendok makan madu langsung atau dengan air hangat. Ini akan lebih mudah diserap lambung.

Yang kedua bisa dikonsumsi sebelum tidur, paling tidak satu jam setelah makan. Madu ini berfungsi khusus untuk organ pencernaan. Diserap oleh organ pencernaan dan didistribusikan ke seluruh tubuh.

Manfaat Madu Menurut Sentrakesehatan.com


Manfaat madu untuk kulit wajah sangatlah banyak dan sudah digunakan sejak berabad-abad yang lalu. Bahkan sekarang ini sudah banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar madu. Namun produk kosmetik tersebut biasanya telah dicampur dengan bahan-bahan kimia yang membahayakan kesehatan kulit maupun kesehatan tubuh yang lain.

Karena itu, banyak orang yang lebih memilih menggunakan madu alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ini ada beberapa manfaat madu untuk kulit wajah dan tubuh:

1. Melembabkan Kulit Wajah
Manfaat madu untuk kulit wajah sebagai pelembab kulit bisa anda dapatkan dengan cara mengoleskan madu murni secara rutin setiap hari pada wajah. Atau anda bisa juga menambahkan bahan-bahan alami lainnya agar hasilnya maksimal. Tapi tanpa mencampurkan bahan lain juga anda tetap bisa mendapatkan manfaat dari madu.

2. Melindungi Kulit
Kandungan anti jamur, antioksidan serta anti mikroba yang ada di dalam madu bisa membuat kulit anda terlindung dari radikal bebas.Selain itu, madu juga bisa membantu menyembuhkan luka pada kulit, seperti bintik-bintik merah atau terkenal infeksi.

3. Mencegah Penuaan Dini
Manfaat madu yang paling sering dicari oleh wanita yaitu mencegah atau mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Dengan mengoleskan madu ke wajah secara rutin, kulit wajah anda akan terlihat lebih awet muda. Anda bisa mencampurkan madu dengan 2 sendok the air lemon dan sedikit air.Tuangkan beberapa tetes campuran madu tersebut ke kapas bersih. Kemudian usapkan pada wajah setelah dibersihkan,

4. Membersihkan Kulit
Madu mempunyai kandungan enzim alami. Jika enzim alami tersebut dicampurkan dengan sedikit air, maka akan berubah menjadi cairan antiseptik yang bisa anda gunakan untuk membersihkan kulit wajah anda. cairan antiseptik madu tersebut tidak akan mengurangi kandungan minyak alami kulit anda.

5. Menyembuhkan Luka
Luka dan infeksi pada kulit anda bisa diatasi dengan mengkonsumsi madu secara teratur. Madu bisa membantu proses penyembuhan luka pada kulit karena mempunyai kandungan anti mikroba dan gula.

6. Mengatasi Jerawat
Masalah jerawat bisa anda atasi dengan menggunakan masker madu.Oleskanlah madu pada bagian wajah yang berjerawat. Madu akan mengobati dan menghilangkan pembengkakan jerawat tanpa mengurangi kandungan minyak alami kulit anda. Sehingga kulit tidak akan menjadi kering.

7. Menjaga Kecantikan Kulit
Kulit anda akan tetap terjaga kecantikannya dengan rutin mengkonsumsi madu asli. Nutrisi yang terkandung di dalam madu seperti potassium, kalium dan magnesium akan membantu meregenerasi kulit serta mendorong sel untuk menghasilkan kulit yang indah dan sehat.

8. Menghaluskan kulit
Anda bisa mendapatkan kulit yang halus mulus secara menyeluruh dengan mandi madu. Campurkan beberapa sendok madu ke dalam air yang akan anda gunakan untuk mandi. Jangan lupa, tambahkan juga sedikit minyak zaitun. 


Manfaat Madu Menurut Okezone.com


Madu merupakan larutan gula jenuh, yang terdiri dari fruktosa dan glukosa, disakarida, trisakarida, dan oligosakarida dalam jumlah kecil. Selain karbohidrat, di dalam madu juga mengandung protein (termasuk enzim), vitamin, dan mineral. Madu kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C, flavonoid dan alkaloid. Pinocembrin (flavanoid unik), ditemukan dalam jumlah yang tinggi di dalam madu. Lalu apa saja manfaat madu untuk kesehatan? Mari kita simak ulasanya :

1. Obat luka dan borok
Madu mengandung glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang tepat, oksidase glukosa ini dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu dalam kemasan tidak dapat melakukan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu, oksidase glukosa memerlukan lingkungan dengan pH 5,5-8,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan tubuh seperti darah memiliki pH yang relatif tinggi dan juga mengandung natrium sehingga dapat memberikan kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida. Sebagai antiseptik yang kuat hal ini tentunya sangat berperan dalam membunuh kuman atau bakteri yang terdapat pada luka sehingga luka dapat lebih cepat sembuh (baca juga : Tips Agar Luka Cepat Kering Dengan Bahan Alami).

2. Mencegah penyakit jantung dan kanker
Kandungan flavonoids dan antioksidan pada madu dapat mencegah timbulnya resiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu, kandungan karsinogen yang terdapat pada madu juga mampu mencegah timbulnya tumor.

3. Merangsang tumbuhnya jaringan baru
Manfaat madu untuk kesehatan berikutnya adalah untuk merangsang tumbuhnya jaringan baru. Kandungan propolis, enzim, vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Ketika digunakan pada luka bakar, madu akan mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.

4. Menghaluskan kulit
Asam glukonat dan asam organik yang terkandung di dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput/garis penuaan, mengontrol minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan asam amino yang berperan untuk mempertahankan kelembaban kulit.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut pinocembrin (flavanoid unik) hanya ditemukan dalam madu. Pinocembrin berperan untuk menghambat pertumbuhan jamur khususnya Candida albicans, jamur penyebab utama masalah keputihan pada wanita. Hal ini membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda.

6. Menurunkan kadar glukosa dalam darah
Sobat mungkin bingung, bagaimana madu yang memiliki rasa manis bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah? Meskipun lebih manis dari gula, ternyata madu memiliki indeks glikemik lebih rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Sobat yang memiliki riwayat diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah. Di sinilah fungsinya madu, madu dapat dijadikan pemanis alternatif yang paling aman untuk menggantikan gula. Beberapa penelitian bahkan menduga kalau madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.

7. Membantu meringankan gangguan pernafasan
Madu sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit pernapasan. Sebuah studi di Bulgaria yang melibatkan hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu mengatasi penyakit bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis. Selain itu madu juga merupakan obat yang mujarab untuk flu dan batuk karena madu bersifat mukolitik atau mengencerkan dahak. 
Manfaat Madu Menurut Liputan6.com

Madu sejak dulu dikenal memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Madu bermanfaat menyehatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Namun seiring waktu, madu diketahui tidak hanya bermanfaat sebagai pemanis atau minuman yang menyehatkan tetapi juga memiliki manfaat bagi kecantikan dan hal lainnya. Berikut beberapa contoh pemakaian madu yang tidak umum:

Pembersih wajah
Khasiat madu bagi kulit termasuk bagi wajah sangat baik. Salah satu fungsi madu adalah sebagai pembersih wajah yang tidak berbahan kimia dan memiliki kandungan antibiotik yang dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan bakteri.

Selain itu, kandungan antibiotik ini juga berguna dalam penyembuhan luka karena madu mencegah perkembangan bakteri. Madu yang berwarna lebih gelap menunjukkan semakin tinggi kadar antibakteri yang terkandung di dalamnya.

Melembapkan wajah
Kulit kering jadi masalah yang dialami banyak orang. Hal ini menyebabkan produk pelembap menjadi salah satu produk perawatan kulit yang paling banyak dibeli. Tetapi, alternatif yang lebih baik sebagai pelembap adalah madu alami yang tidak mengandung bahan kimia.

Cukup usapkan madu di bagian kulit yang kering dan bilas setelah 15 sampai 30 menit untuk mendapatkan kulit yang lebih lembap. Madu juga dapat dipakai sebagai pengganti pelembab bibir untuk mengatasi bibir kering.

Krim cukur
Mungkin terdengar cukup aneh untuk menggunakan madu sebagai pengganti krim cukur karena tekstur madu yang kental dan lengket. Tetapi dengan mencampur madu dan air hangat, maka Anda dapat menggunakannya untuk bercukur. Kandungan yang ada pada madu sangat baik dalam menjaga kelembapan kulit sekaligus mencegah luka bakar atau lecet yang sering terjadi saat bercukur. 


Manfaat Madu Menurut Livingwell.co.id


Sudah sejak lama madu digunakan sebagai kesehatan tubuh dan kecantikan. Aktivitas mengumpulkan madu konon sudah berlangsung sejak 10.000 tahun yang lalu. Bukti pendapat ini adalah temuan gambar pada dinding di sebuah gua di Valensia, Spanyol. Gambar tersebut memperlihatkan dua laki-laki menggunakan tangga yang terbuat dari sejenis rumput liar sedang meraih sarang lebah berisi madu. 

Madu mengandung gizi dari gula seperti glukosa dan fruktosa, mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium klor, belerang, besi dan fosfat serta vitamin B1, B2, C, B6, B5 dan B3. Dari sederet kandungan ini,  apa saja khasiatnya?

Sumber energi
Pada masa lalu, para atlet Romawi dan Yunani kuno meminum madu sebelum dan sesudah bertanding sebagai penambah stamina dan pemulih energi. Selama berabad-abad madu memang dikenal sebagai bahan bakar para olahragawan karena madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan sebagai sumber energi instan. Kandungan karbohidrat dan glukosa murninya memberikan energi kepada tubuh. Saat merasa lelah atau bangun tidur, cepat konsumsi madu untuk membangkitkan energi dan menyegarkan tubuh.

Antibiotik
Madu bekerja sebagai antibiotik alami yang sangggup mengalahkan bakteri mematikan. Madu sangat asam sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakkan bakteri. Proses osmosis di dalam madu membasmi bakteri dan mengalahkan kuman patogen penyebab panyakit infeksi.

Antioksidan
Peneliti di Universitas California membuktikan konsumsi madu mampu meningkatkan antioksidan dalam darah. Uji coba itu membuktikan bahwa madu mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

Melawan parasit
Minuman yang terbuat dari madu, cuka dan air adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi masalah perut ketika bepergian. Ketiga campuran bahan tersebut merupakan pelawan parasit.

Mengobati radang tenggorokan
Dalam berbagai penelitian klinis, madu telah terbukti efektif dalam mengobati radang tenggorokan dan batuk. Madu bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan air lemon untuk mendapatkan khasiat sehat lainnya.

Penyembuh luka
Bangsa mesir kuno menjadi pelopor pemanfaatan madu untuk mengobati luka. Mereka membuat salep dari madu untuk mengobati luka bakar dan luka akibat tusukan benda tajam. Antibakteri dan antimikroba pada madu membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu, membersihkan luka, mengurangi bau dan nanah sehingga mempercepat penyembuhan.

Menyehatkan Kulit
Madu kaya senyawa humektan yang membantu mempertahankan kadar air dalam kulit dan mengembalikan elastisitasnya. Madu membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah munculnya keriput. Sebagai tabir surya, madu juga melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet karena madu bisa menembus lapisan atas kulit dengan cepat.


Khasiat madu thailand asli untuk kesehatan dan kecantikan

Copyright © 2014. Madu Thailand Allright reserved.